dalam kelelahan seharian berjuang menuntut ilmu

dalam kelelahan seharian berjuang menuntut ilmu
The best is to take a break to pray to Allah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ahlan wa sahlan bi huzhurikum
Selamat datang siapapun di
go..Blog saya Silakan simak apa yang terpapar di sini. Segala masukan, tegur sapa, diskusi akan akan saya terima sebagai kehormatan kepada tamu-tamu saya, kalo ada kata ato kalimat yang menyinggung perasaan saya mohon ma'af Zhahir-Bathin dan
ojo dilaporke!!

PESAN UNTUK KELAS TIGA

Mari hadapi bersama Kasunyatan dari Keniscayaan yang telah niati bersama dalam dialektika hidup sebagai teatrika kita di dinding sejarah kehidupan.
Nyong ra bisa nulung,
Minta tolonglah pada SHABAR (usaha Insaniyah) dan SHALAT (usaha Ilahiyah), namun sesungguhnya itu sangat berat kecuali bagi orang yang KHUSYU'(bersungguh-sungguh)



Sabtu, 13 Maret 2010

KENCING

Mungkin, orang yang paling terganggu dengan bau kencing di Es Em Ka Em Siji Ngleri Ngendal adalah bu Wahyuni dan pak Yusuf. Bagaimana tidak, sudah di belakang kantornya tersedia aroma ‘petis’ alias peceren dan pintunya berhadapan langsung dengan arena kencing,.. baunya sembribit pesing-pesing campur legit gimana.. gitu, apa saking nduablegnya yang kencing tidak disiram atau memang sikat cuci jamban WC yang pilih kasih, yang jelas begitu adanya.
"Lhooo.. thole pipis(kencing) sayang." Seorang ibu akan dengan sangat ikhlas dan penuh kasih sayang mencuci(nyeboki) bayinya dan mengganti popok dengan sangat bahagia lantaran si buyung yang sehat karena lancar metabolisme tubuhnya. Bahkan materialnya dihukumi Rasulullah dengan najis ringan (mukhaffaf) untuk bayi laki-laki yang belum genap dua tahun dan tidak mengkonsumsi apa-apa selain ASI, dan bagi ibu-ibu ‘Modern’ kalo gak mau repot ya pasangin 'Diapers', atau di pasang electro-sensor dibawah alas tidurnya, kalo ngompol bellnya yang bengok-bengok, sementara bayinya mesam-mesem. Itu karena kasih sayang ibu kepada bayinya seorang makhluq kecil calon manusia yang belum berdaya baik fisik dan akalnya(kasih sayang yang ikhlas tak terbatas kadang bablas amblas tak terbalas).


Namun adakalanya lain keadaannya bagi orang yang jelas sudah berakal … kencingnya lha kok seperti manusia tidak berakal. Kucing itu kalo kencing..wow roda sepeda motorku jadi langganan di kencingi, maklum tidak berakal..ya paling-paling dilempar sandal beliau akan lari terkencing-kencing walaupun nggak jelas kapok or not.

Kata “kencing”, disini saya generalisir untuk semua makhluq Allah yang punya kepentingan kencing tanpa terkecuali dan tidak menggunakan bahasa yang lebih etis atawa sopan, dan kata ini belum saya tanyakan pada bu Dinia, bu Nurhidayati ato Yus Badudu, kata kerjanya apa ..’berkencing’ ato ‘mengencing’ tapi orang biasa menggunakan kalimat “buang air kecil” BAK.. padahal mbak Kun ato mbah Nyoto juga kerap buang air secara vulgar yaitu buang air.... ‘asah-asahan’. Entah sedikit atau banyak yang dibuang, digolongkan buang air kecil atau besar saya kurang begitu mengkasting jadi problem bahasa.
Air kencing bisa jadi pertanda kehamilan, entah setelah itu bahagia atau sedih tergantung dari sebabnya. Kencing manis itu istilah lain dari orang yang kena Diabetic Mellitus, yang menyerang kelenjar Insulin, kalo nggak ketututan, akibat minimalnya ya.. amputasi anggota badan yang “Njebot” dan akibat maksimalnya adalah segera Istighfar sebanyak-banyaknya, bayar utang dan mohon maaf lahir batin kepada orang disekitarnya gak usah nunggu “Ba’do Riyadi” ‘Idul Fithri, etc.

Merupakan salah satu ni’mat Allah yang tiada tara apabila bisa kencing dan lancar, bayangkan.. serombongan peserta Mapetatour dalam bus yang mewah ber AC menuju Yogyakarta baru sampe di Magelang akan sangat terang benderang ‘dunianya’ bila melihat...malioboro…? bukan, parang tritis juga bukan tapi pom bensin alias SPBU yang jelas komplit WC nya untuk apa lagi kalo bukan mau kencing. Bayangkan pula orang yang tidak bisa kencing, entah itu karena suhu dalam perut berbeda dengan luarnya alias ‘anyang anyangen’ yang--butuh waktu dan treatment tertentu--untuk sembuh. Orang yang kencing batu sakitnya luar biasa, treatmentnya juga tidak seindah yang dibayangkan. Atau lebih dahsyat lagi kencing nanah karena kena laknat Allah hasil dari jajan di warung esek-esek. Kencing darah, kencing teh, kencing susu, kencing fanta atau kencing duduh mie ayam.. bisa jadi ginjalnya rusak.

Kencing, bagi hewan buas di padang Savana Afrika berfungsi untuk menandai daerah kekuasaannya. Lain lagi oleh dukun, digunakan untuk memenangkan kesebelasannya dengan mengencingi tiang gawang lawannya, atau maling yang berusaha masuk rumah dengan melubangi tembok pasiennya, bahasa kerennya “Nggangsir”. Om maling sebelum masuk akan menari dan mengencingi lubang galiannya biar si pasien maling tidur lelap. Sopir dan kernet truk gandeng atau bus yang megencingi roda kendaraannya biar lancar perjalanannya atau memang mau kencing dengan cara simple.

Oleh manusia, aktifitas kencing sangat istimewa diperlakukan, lihat saja tempat umum mana yang tidak ada tempat kencingnya, di terminal (dengan menggunakan istilah keren dari French : Urinoir), pasar, masjid. Bahkan di simpanglima semarang ada sebuah Caravan (mbuh opo jenenge) yang di dalamnya di setting WC umum, diantaranya melayani orang mau kencing,..pinter juga pemkot semarang ini. Ada yang jadi peluang bisnis pula, karena di banyak tempat rekreasi atau tempat umum pasti WC nya ada kotak “partisipasi” merawat WC minimal seribu, kalo gak ada pecahan seribuan pasti ada kembaliannya.
Kencing bisa bermacam-macam karakteristik perlimbahannya, bisa dilihat dari aromanya. Disamping aroma aslinya yakni ‘pezink’, (walaupun pesing bukan cuma baunya kencing, karena ikan hiu dan genjong baunya juga pesing, kalo di mangut pasti ..ngentekke sego. Maka ada barang pesing yang disukai manusia….pasti daging ikan hiu atau genjong). Kalo hobbi makan pete, ya aroma aslinya plus pete, atau yang maniak jengkol ya aroma jengkol .. bahkan bisa aroma durian bagi pecandu durian dan yang jelas tidak ada 'aroma terapi 'di sini. Warnanyapun juga bervariasi ada yang jernih katanya ginjalnya sehat, warnanya kuning itu pertanda kurang minum air putih. bagi yang minum obat untuk treatment penyakit tertentu warnanya seperti warna obatnya.. tapi tidak pernah ada yang warna strawberry ato blueberry atau entah belon pernah dengar kabarnya apa aku yang telat informasi. Gaya kencingpun bisa bermacam-macam, kalo kencingnya jongkok katanya kebiasaan minumnya sambil duduk, yang kencingnya berdiri mungkin juga minumnya biasa sambil berdiri..lha kalo minumnya sambil jalan 'njur kayak apa gayanya? wallahu a’lam bish shawab.

Gaya lompat tinggi pun ada yang mengadopsi kata “buang air kecil” yaitu gaya anjing kencing. Tapi ada anjing yang dikecualikan kalo kencing, lihat saja lek Ngamso yang rumahnya dekat pasar, beliau sangat sebel dengan orang-orang pasar yang kencing di dinding rumahnya yang kebetulan mepet jalan ke pasar, lalu pasang peringatan “Dilarang kencing, kecuali anjing” kalo di bolak-balik; Anjing kencing dilarang, kecuali….tentunya gaya lompat tinggi toh.
Lek Ngarman lebih sadis lagi, tembok yang biasa dikencingi orang, ditempeli seng dan dialiri listrik 110 Volt, …..bayangno dhewe.......??!! Yah.. itu mungkin sebagai wujud“perlawanan” beliau-beliau kepada para pengencing yang sungguh tak punya hati. Memperlakukan kencing bisa berakibat bermacam-macam. Yang suka ‘ngampet’ kencing bisa berakibat kencing batu, yang kencingnya tidak cebok ya zelas najis dan kemfroh, dan kebiasaan pria Indonesia kalo kencing pasti dikenakan tembok tidak disiram trus jadi ‘Ngethel” temboknya.

Di kalikutho tempatnya di atas bukit kedung asem anak-anak suka lomba jauh-jauhan kencing, rasanya senang sekali kalo bisa lebih jauh dari semprotan temannya, apalagi tertiup angin, bisa keluar warna “me-ji-ku hi-bi-ni-u” nggak sadar kalo berakibat bagi orang yang berada di bawahnya,... dasar bolang.
Yang kencingnya di sembarang tempat bisa ketularan GONOrhea, (walaupun GONO itu bisa jadi hebat, lihat saja Mbah marGONO yang ngarang buku tuntunan Shalat dan suka menyantuni anak yatim—semoga jadi amal jariyahnya—,atau sego meGONO yang --jan uenak temenan--), tapi jangan GONO yang pertama disebut di atas bisa berabe.
Di dalam Islam “Din” --yang komplet njerit ajarannya--, kencing ada etikanya, menurut Rasulillah diantaranya adalah; jangan kencing menghadap atau membelakangi arah qiblat, jangan kencing di lubang hunian makhluq lain, jangan kencing di air yang tergenang dan tempat berteduhnya orang. Dalam kejiwaan, kencing juga berhubungan dengan ketegangan jiwa, misalnya seorang ibu terkencing di celana karena shock mendengar anaknya dikabarkan terkena penyakit kencing nanah, bayu terkencing dicelana karena nervous ‘disenyumi’ penghuni metafisiknya Es Em Ka Em Ji, atau adhes lari terkecing-kencing karena konangan pak Darmawan sedang ‘Nggomom’ dalam keadaan berseragam sekolah.

Tetanggaku waktu kecil kalo bangun tidur langsung ke depan rumah ngencingi pot bunga ibunya, katanya biar subur,..emangnya rabuk?? Selang hampir satu minggu “diminumi” kencing, bunga kesayangan ibunya mati…..tapi sekian tahun yang lalu beliaunya dapat gelar Doctor HC dari Singapura bidang Ilmu permanukan. Yahh ada-ada saja, air kencing jelas mengandung amoniak tinggi, wong tiang listrik timur tunas pagi keropos gara-gara dikecingi orang sepasar ngleri.


Aku dulu waktu kecil pernah merasakan sesuatu yang tidak mengenakkan, tatkala bangun tidur bibirku “Njonor” padahal aku tidak di jotos orang, tanya sana-sini, lalu dijelaskan oleh bapakku bahwa tadi malam aku dikencingi ‘coro’ alias kecoak, padahal aku harus berangkat sekolah pagi itu..yah apa lacur....wis ora bagus, lambene njonor sisan.... pancen nasibmu!!.

Berhati-hatilah dengan kencing kodhok 'Bencok' yang dapat membutakan mata. Kencing tikus yang mana sekian kasus orang mati saat banjir di Jakarta bukan hanya disebabkan keleleb banjir, tapi karena "uyuh" tikus yang disinyalir menjadi katalisator virus Laptospirosis menjadi parasit pada hati(lever) manusia dan sulit diobati serta berakhir dengan kematian. Tapi lebih hati-hatilah pada virus yang menyerang hati(heart) manusia bernama "HASAD" yang jauh lebih ganas dari Hepatitis A sampe Z, Laptospirosis, ato sakit hati karena ditinggal kawin pacar,

wallahu a'lamu bish shawab.

Tidak ada komentar:

Radione Ngayogyokarto

Radione Ngayogyokarto
Cem macem tak iye

Sinau Tajwid

THE FINE TARGET

THE FINE TARGET
dickceplek

Fishing in Art

Fishing in Art
Mau lihat situasi laut...click gambar